Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya Bag. 1

Koperasi merupakan salah satu lembaga yang ada di masyarakat, pendirian koperasi sebagai alasan kebutuhan masyarakat dalam menyelesaikan masalah perekonomiannya. Biasanya didalam  koperasi terdapat program simpan atau menabung uang sampai meminjam uang, hal itu ada karena kebutuhan masyarakat untuk masalah keuangannya.

Menurut Hendri Hartopo, dalam bukunya Saya Beruntung Menjadi Karyawan, koperasi bisa menjadi tempat untuk berinvestasi bagi karyawan. Apakah itu investasi tidak langsung dalam bentuk simpanan, maupun investasi langsung dalam bentuk perusahaan. Dalam koperasi dikenal istilah SHU (Sisa Hasil Usaha) yang dalam perusahaan dikenal sebagai Deviden, imbal jasa atas modal. Dibawah ini ada beberapa keuntungan menjadi anggota koperasi bagi anda, sebagai berikut :

1. Tidak ada bunga dalam peminjaman

Bagi masyarakat yang telah menjadi anggota dalam suatu koperasi atau salah satu koperasi, maka untuk mengatasi perekonomian masyarakat dapat teratasi dengan meminjam di koperasi. Cara untuk meminjamnya pun relatif mudah, hanya dengan menjadi anggota koperasi tersebut sudah bisa meminjam uang untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang sedang terjadi. Terlebih lagi yang menjadi keunggulan pada koperasi diantara penyedia peminjaman uang, koperasi tidak menerapkan sistem bunga dalam setiap anggota yang meminjam uang kepada mereka. Namun sistem yang diterapkan adalah adanya sistem bagi hasil dalam peminjaman tersebut.

2. Menampung produk anggota untuk dijual kembali oleh koperasi

Biasanya di suatu desa baik itu terpencil atau dekat dengan kota, anggota bisa mengumpulkan produk yang dimiliki untuk dijual kembali oleh koperasi. Hal itu terjadi bisa saja anggota tidak mempunyai tempat atau faktor lain yang membuatnya kesulitan dalam menjual produknya, tetapi disini pula terdapat bagi hasil agar tidak ada yang dirugikan di salah satu pihak.

3. Mendapatkan SHU atau Sisa Hasil Usaha setiap satu tahun sekali

Anggota yang ikut bergabung di salah satu koperasi untuk menabungkan uangnya, pada setiap setahun sekali berhak mendapatkan SHU yang selalu dibagikan satu sekali. Selain pembagian SHU, dilaksanakan pula RAT atau Rapat Anggota Tahunan untuk mengetahui pelaksanaan atau siklus uang yang kita tabungkan di koperasi tersebut. Besar SHU yang didapatkan tergantung seberapa besar jasa dan simpanan kita di koperasi tersebut.

4. Mendapatkan harga yang relatif lebih murah dari non-anggota

Koperasi biasanya bukan hanya simpan pinjam saja program yang ditawarkan, tetapi ada juga kegiatan jual beli pula. Mengani harga nya pun relatif sama seperti toko- toko atau minimarket yang ada. Mengenai harga biasanya bagi anggota memiliki harga khusus atau relatif lebih murah dari pada non-anggota, sehingga itu menjadi nilai lebih yang ditawarkan dari koperasi. Namun selain harga khusus ada pula nantinya point yang akan dikumpulkan untuk mendapat hadiah yang ditukarkan.

5. Mendapatkan pengetahuan mengenai kekoperasian

Tanpa disadari selama menjadi anggota dari salah satu koperasi, manfaat lain yang didapatkan adalah berupa ilmu pengetahuan mengenai kekoperasian. Hal itu bisa didapatkan dari sengaja ada program pelaksanaan bagi anggota untuk pelatihan kekoperasian, atau saat kegiatan lain seperti RAT yang isinya menjelaskan pelaksanaan koperasi selama satu tahun.

6. Membuat anggota bisa memiliki investasi

Investasi disini dapat berupa tabungan yang dimiliki oleh anggota, lalu nantinya ada sistem bagi hasil yang hasilnya akan masuk kedalam tabungan kita, juga investasi sebuah perusahaan yang dikelola bersama.

Jika dibandingkan dengan menabung di bank, dana yang relatif kecil maka tabungan Anda akan mendapat potongan biaya administrasi. Bunga yang Anda dapatkan pun tidak besar, terutama jika jumlah tabungan Anda kecil. Yang ada, uang Anda akan terus digerogoti dan habis hanya karena biaya administrasi.

Sementara, jika Anda menabung di koperasi, Anda bisa mendapatkan bunga 10%, bahkan jika setoran dananya hanya sebesar Rp. 25.000,-. Dengan koperasi, karyawan yang terlilit utang pun akan bisa tertolong. Jika karyawan yang mau ikut serta dalam koperasi banyak, ambil contoh kurang lebih 10.000 orang, maka dana yang terkumpul di koperasi pun akan banyak dan itu bisa digunakan untuk mengembangkan usaha lainnya dan memutarkan uang. Koperasi yang dikelola dengan baik akan mampu menyejahterakan anggotanya. Kenapa tidak bergabung dengan koperasi saja?

7. Tidak perlu mengeluarkan biaya administrasi yang besar dalam operasional

Pada saat pelaksanaan pun tidak perlu membutuhkan biaya administrai yang besar, bahkan tidak sampai mengeluarkan biaya administrasi pada saat operasional. Hal itu dikarenakan karena dilakukan oleh secara bersama-sama dengan seluruh anggota dari koperasi, sehingga biaya administrasi menjadi lebih ringan.

Baca juga  Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya Bag. 2

Dikutip dari berbagai sumber.

MGunaji

Terimakasih atas kunjungan anda karena telah sudi membaca artikel Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya Bag. 1. Silahkan meninggalkan komentar, berupa kritik dan saran pada kotak Komentar di bawah. Jika memang bermanfaat, anda boleh menyebarluaskan atau meng-copy artikel Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya Bag. 1 ini, dan jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih. :-)

Follow Us :

0 Response to "Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya Bag. 1"

Posting Komentar