Smart Kampung di Banyuwangi, Surat Izin Usaha 10 Menit Jadi!

Banyuwangi - Desa Sumberberas di Kecamatan Muncar merupakan salah satu smart kampung di kawasan utara Banyuwangi, Jawa Timur. Kampung ini menjadi salah satu pilot project smart kampung di Banyuwangi.

Smart Kampung di Banyuwangi, Surat Izin Usaha 10 Menit Jadi!
Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom
Salah satu warga asal dusun Sumber Ayu, Budi Sarwoko, tampak sedang mengantre di depan loket pelayanan. Rupanya Budi sedang sedang mengurus surat izin keterangan usaha.

"Sudah dua kali nyoba pelayanan ini, tadinya ngurus domisili cepat saya pulang balik ke sini jadi. Sekarang saya ngurus surat izin keterangan usaha, mau kredit di BRI aja. Belajar bisnis bebek," kata Budi saat ditemui di Balai Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Kamis (9/6/2016).
Foto: Aditya MT/detikcom
Budi memuji pelayanan smart kampung di desanya. Menurutnya pelayanan untuk mengurus surat-surat menjadi lebih cepat.

"Merasa terbantu dengan pelayanan ini. Suruh nunggu aja, (suratnya) jadi," katanya.

Di meja pelayanan tertera beberapa lampiran syarat untuk mengurus surat-surat seperti pengajuan e-KTP, persyaratan pengajuan beasiswa, akta kelahiran, kartu keluarga dan berbagai layanan lainnya.
Foto: Aditya MT/detikcom
Menurut petugas warga yang membutuhkan layanan ini dilayani dari pukul 07.00-15.30 WIB. Di banner yang terpampang juga menampilkan pelayanan malam hari yakni setiap Senin dan Jumat dari pukul 18.00-21.00 WIB.

"Umpama mau berobat antara kartu KIS dan kartu keluarga beda nama bisa diurus di sini. Biasa KTP, surat keterangan usaha, surat nikah juga banyak. Hitungannya berapa menit aja," jelas petugas loket, Gilang Intan.

Gilang menyebut bila pelayanan di loketnya bisa ditunggu. Dia mengklaim asal persyaratan lengkap dan tidak banyak antrean dalam waktu 10 menit semua beres.

"Misal surat keterangan usaha asal sudah e-KTP, tinggal ketik aja, isi jenis usahanya apa, jenis kredit, tanggal kedaluwarsanya surat, cetak tinggal tanda tangan kepala desa selesai 10 menit sudah jadi," kata wanita lulusan sarjana ekonomi ini.
Foto: Aditya MT/detikcom
Pantauan detikcom di lokasi, di sebelah loket juga tersedia pojok perpustakaan mini yang diberi nama 'Sido Ngerti'. Ada juga bilik khusus untuk ruang laktasi.

Di sisi kirinya digunakan untuk ruangan staf dan dilengkapi dengan bilik-bilik untuk laktasi di belakang meja. Sementara itu di ruangan sebelahnya digunakan untuk ruang mengurus e-village budgeting.

Ruangan pendopo sendiri tampak luas dan lega. Di pojok dekat pintu masuk ada balai yang dikelilingi taman dan bertuliskan 'Pojok wifi'. Menurut kepala Desa Sumberberas Sri Purnanik ruangan itu juga dimanfaatkan untuk latihan tari murid SD.

"Latihan tari anak-anak SD kami kasih fasilitas. Sebenarnya kami senang balai desa dimanfaatkan kursi ada, lcd ada, sudah lengkap," kata Nanik.
Foto: Aditya MT/detikcom
Fasilitas WiFi gratis rupanya paling diminati oleh para remaja desa. Nanik menyebut fasilitas itu memang disediakan untuk warganya dan terbuka selama 24 jam.

"Wi-Fi ramainya malam, waktu anak-anak sebelum masuk sekolah itu ramai sekali. Justru kita fasilitasi juga. Di sini 24 jam Wi-Fi gratis nggak pernah kita kunci dan nggak ada password. Kita lepas," tandasnya.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam kunjungannya mengapresiasi kinerja dari smart kampung desa Sumberberas. Dia berharap desa lainnya segera menyusul perkembangan ini.
Foto: Aditya MT/detikcom
"Sudah efektif dan sangat baik tadi tim IT bekerja sudah jalan. Ada dua kanal satu e-village budgeting dan satu pelayanan publik. Tapi sudah online langsung dan cepat. Harapan saya desa yang belum menerapkan e-village budgeting segera belajar pada desa sekitar yang sudah menerapkan," jelas Anas.

Anas menargetkan selama sebulan ini seluruh desa sudah menerapkan sistem smart kampung. Dia mengatakan bila pelayanan ini diterapkan tidak perlu studi banding keluar kota.

"Target bulan ini sebelum lebaran rampung dan semua desa menyatakan siap untuk segera berbenah. Nggak perlu keluar kota, desa yang belum tinggal belajar di desa yang sudah," tukasnya.
(ams/try)

Sumber : http://news.detik.com

MGunaji

Terimakasih atas kunjungan anda karena telah sudi membaca artikel Smart Kampung di Banyuwangi, Surat Izin Usaha 10 Menit Jadi!. Silahkan meninggalkan komentar, berupa kritik dan saran pada kotak Komentar di bawah. Jika memang bermanfaat, anda boleh menyebarluaskan atau meng-copy artikel Smart Kampung di Banyuwangi, Surat Izin Usaha 10 Menit Jadi! ini, dan jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih. :-)

Follow Us :

0 Response to "Smart Kampung di Banyuwangi, Surat Izin Usaha 10 Menit Jadi!"

Posting Komentar