Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya Bag. 2

Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya Bag. 2

Melanjutkan artikel Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya Bag. 1, ini adalah mafaat koperasi lainnya :

1. Mendapatkan ilmu berorganisasi

Selain mendapatkan ilmu mengenai pengetahuan kekoperasian tapi bisa juga didapatkan ilmu berorganisasi, ilmu tersebut bisa didapatkan secara sengaja dengan mengikuti pelatihan atau bisa didapatkan secara tidak langsung. Secara tidak langsung disini misalnya anggota tersebut merangkap sebagai pengurus pula, sehingga dari menjadi pengurus tersebut mendaptkan ilmu berorganisasi.

2. Bagi hasil yang adil

Bagi hasil disini dapat berupa laba atau pun SHU, pembagian disini sistemnya tergantung dari kita sendiri sebagai anggota yang menabung atau berkontribusi dalam koperasi tersebut. Sehingga pada pembagian ini tidak akan ada yang terjadi kerugian baik bagi pihak anggota maupun bagi koperasi itu sendiri. Karena pihak koperasi memberikan hasil sesuai dengan seberapa besar anggota tersebut menabung atau kontrubusinya, sedangkan anggota pun sama dengan harus besar hati menerima hasil yang sesuai dengan kontrubisanya terhadap koperasi tersebut.

3. Mendapatkan relasi yang lebih luas

Manfaat menjadi anggota koperasi yang didapatkan bisa berupa relasi, relasi disini adalah hubungan antara anggota dengan anggota, anggota  dengan penguruh, atau anggota dengan non-anggota. Relasi ini dihasilkan bisa karena misalnya disuatu acara bertemu dengan anggota lain, maka secara tidak langsung itu membuat sebuah relasi. Jika kita sebagai anggota lebih banyak lagi mengikuti acara yang diselenggarakan oleh koperasi, maka semakin banyak orang yang akan kita kenali sehingga semakin luas pula relasi yang kita bangun. Dari relasi tersebut bisa saja ketika ada keperluan akan sesuatu, bisa menghubungi kenalan kita tersebut dan kebutuhan tersebut bisa terpenuhi.

4. Pengembangan potensi dan ekonomi anggota dilibatkan

Maksudnya disini anggota dilibatkan pada pengembangan potensi dan ekonomi ialah dapat dijelaskan dengan contoh yaitu, ketika salah satu anggota atau masyarakat meminjam uang kepada koperasi maka anggota dari koperasi tersebut juga dilibatkan. Dilibatkan disini maksudnya uang yang dipinjamkan ini berasal dari uang tabungan dari anggota lain, lalu uang itu diputar menjadi uang yang dipinjamkan kepada anggota atau masyarakat yang hendak meminjam uang kepada koperasi tersebut.

5. Terlibat dalam meningkatkan kualitas hidup manusia

Terlibat dalam meningkatkan kualitas hidup manusia disini maksudnya kita sebagai anggota ikut terlibat dengan meminjamkan uang terhadap orang yang hendak meminjam ke koperasi, hal itu dengan cara kita sebagai anggota menabung ke salah satu koperasi lalu ada masyarakat atau anggota yang meminjam uang kepada koperasi tersebut untuk mengembangkan usahanya.

Secara tidak langsung kita disana membantu mereka untuk meningkatkan kualitas hidupnya, dengan cara meminjamkan uang kepada mereka melalui koperasi untuk modal usaha. Hal itu juga membantu dalam pembangunan bangsa dengan banyak nya masyarakat yang berwirausaha dengan dibantu adnaya peminjaman modal dari koperasi, tanpa adanya bunga bagi peminjam agar membuat mereka tidak merasa tercekik akan bunga yang besar.

6. Menjaga dan memperkuat perekonomian

Dengan adanya simpan pinjam disini membantu dalam menjaga dan memperkuat perekonomian, khususnya perekonomian menengah kebawah yang sedang merintis usaha. Dengan cara meminjamkan uang terhadap masyarakat yang sedang merintis usaha sebagai modal usaha, lalu di koperasi pun tidak memakai sistem bunga untuk setiap pembayarannya. Maka hal itu tidak membuat masyarakat yang meminjam semakin terpuruk, karena harus membayar pinjaman pokok disertai dengan bunga yang besar.

7. Bisa mendapatkan penghasilan yang meningkat

Penghasilan yang meningkatkan disini atau pada koperasi dapat dilakukan dengan cara, ketika kita mengumpulkan produk oleh koperasi maka akan ada laba yang dihasilkan dengan dibagi dua hasil yang didapatkan secara adil. Lalu dengan adanya sistem bagi hasil yang adil sesuai dengan seberapa besar kita menabung di koperasi tersebut atau seberapa besar kontribusi yang diberikan kepada koperasi tersebut, maka hasil yang kita dapatkan akan sesuai dengan apa yang kita keluarkan.

8. Menjaga silaturahmi

Dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh koperasi, selain relasi yang didapatkan tetapi silahturahmi yang berkelanjutan pun kita dapatkan. Ketika kita bertemu kembali dengan orang yang diajak kenalan oleh kita di acara sebelumnya, maka silahturahmi itu berlanjut tanpa kita sadari.

Diatas merupakan manfaat menjadi anggota koperasi, tidak ada yang salah dalam kita melakukan sesuatu. Tetapi juga tergantung kita melaksanakan nya dengan cara yang seperti apa. Maka dari itu kita harus mendukung kebijakan apa yang telah dikeluaran oleh pemerintah.

Dikutip dari berbagai sumber.

MGunaji

Terimakasih atas kunjungan anda karena telah sudi membaca artikel Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya Bag. 2. Silahkan meninggalkan komentar, berupa kritik dan saran pada kotak Komentar di bawah. Jika memang bermanfaat, anda boleh menyebarluaskan atau meng-copy artikel Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya Bag. 2 ini, dan jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih. :-)

Follow Us :

0 Response to "Manfaat Koperasi Bagi Anggotanya Bag. 2"

Posting Komentar