Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan Indonesia

Saat ini Internet bukanlah istilah yang asing bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat kota dan desa kebanyakan sudah tahu dan bisa mengakses yg namanya internet. Dengan internet dunia seakan tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.

Sama halnya dengan budaya dan teknologi pada umumnya, internet juga bisa berdampak positif dan negatif. Tergantung bagaimana kita memanfaatkannya. Disini saya hanya akan menyampaikan sisi positif dari internet, terutama dalam bidang pendidikan. Untuk sisi negatif dan penanggulangannya mungkin bisa dicari diartikel lain.

Sebagaimana yang saya kutip dari situs milik pemkab Pekalongan, kehadiran internet didunia ini memberikan berjuta-juta manfaat untuk kehidupan kita didalam berbagai macam bidang, terlebih untuk dunia pendidikan. Jika internet dimanfaatkan secara optimal oleh dunia pendidikan kita, bukan mustahil kualitas pendidikan di Indonesia akan mengalami peningkatan kearah yang positif.

Dan inilah beberapa manfaat internet bagi pendidikan di Indonesia, silahkan disimak informasi ini baik-baik.

1. Sumber Informasi yang Melimpah
Internet menyediakan informasi yang begitu melimpah yang bisa dimanfaatkan para pelajar untuk menambah wawasan mereka tentang sesuatu yang sebelumnya tidak mereka ketahui. Hal ini terkadang membuat murid lebih mengetahui ketimbang gurunya mengenai suatu hal.

2. Internet Sebagai Gudang Referensi
Internet merupakan tempat bagi orang-orang yang mencari referensi guna menyelesaikan tugas mereka. Caranya sangatlah mudah, hanya dengan mengetikkan kata kunci didalam mesin pencari maka berbagai referensi yang berkaitan dengan kata kunci tersebut akan keluar.

3. Sumber Informasi yang Relatif Murah
Manfaat internet yang begitu besar dirasakan para pelajar adalah dapat memperoleh informasi dengan biaya yang relatif lebih murah. Coba saja bandingkan dengan harga buku yang terbilang mahal dan mengikuti bimbingan belajar yang biayanya mencapai jutaan rupiah.

4. Internet Senantiasa Mengupdate Informasi
Salah satu kelebihan internet dibandingkan dengan media lainnya adalah internet senantiasa mengupdate informasi. Misalnya saja pada akhir tahun 2012 jumlah provinsi di Indonesia menjadi 34 provinsi, maka internet akan mengupdate informasi tersebut secara real-time.

5. Sumber Pelajaran Tambahan
Internet menyediakan informasi yang begitu komprehensif, anda bisa mempelajari seusatu hal hingga mendetail. Ini sangat baik bagi pelajar kita, karena mereka bisa mengetahui materi pelajaran hingga keakarnya yang mungkin tidak ada dibuku atau tidak diajarkan disekolah.

6. Internet Bagaikan Perpustakaan Online
Internet ibarat sebuah perpustakaan besar, anda bisa mencari segara macam informasi disana. Tetapi tidak semua informasi dapat diperoleh secara gratis, ada juga informasi/referensi yang untuk mendapatkannya kita harus membayar, seperti jurnal, karya ilmiah, dll.

7. Internet Menyediakan Fasilitas Multimedia
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa internet memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan media lainnya seperti buku. Internet menyediakan fasilitas multimedia yang bisa membuat pelajar lebih tertarik dalam belajar seperti dengan melihat video dsb.

8. Membuat Proses Belajar Mengajar Menjadi Lebih Menyenangkan
Salah satu manfaat internet bagi dunia pendidikan Indonesia adalah bisa membuat suasana belajar mengajar didalam maupun diluar ruangan menjadi lebih menarik dan menyenangkan dengan fasilitas multimedia seperti menonton tv dan video edukatif dan interaktif.

9. Memudahkan Pelajar Memahami Materi Pelajaran
Bisa jadi seorang pelajar tidak atau belum memahami materi pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Nah internet bisa menanggulagi hal ini dengan membuat materi pelajaran menjadi lebih mudah dengan berbagai macam fasilitas seperti gambar, video, quiz, dll.

10. Meningkatkan Kreativitas Steakholder Pendidikan
Sudah terbukti bahwa internet dapat membantu stakeholder pendidikan meningkatkan kreativitasnya. Misalnya saja seorang murid bisa menciptakan sesuatu yang sebenarnya tidak diajarkan disekolah atau seorang guru yang menciptakan terobosan dalam pendidikan.

11. Mendorong Kemandirian Siswa
Salah satu manfaat yang dirasakan dengan kehadiran internet didalam dunia pendidikan adalah murid menjadi lebih mandiri. Tidak seperti pendidikan dahulu yang seolah-olah murid selalu “disuapi” oleh gurunya, kini murid dapat mencari materi pelajaran sendiri di internet.

12. Mempermudah Penguasaan Terhadap Bahasa Asing
Kini kita tidak perlu mengeluarkan uang yang begitu banyak untuk mempelajari bahasa asing dengan mengikuti kursus, kita bisa belajar mandiri dengan bantuan internet untuk menguasai bahasa asing. Dan hal ini tidak sulit karena banyak fasilitas multimedia yang bisa mempermudah.

13. Mempermudah Komunikasi
Komunikasi sangatlah penting, dan internet menyediakan berbagai macam media komunikasi. kita bisa menggunakan email, chatting, gambar, video ataupun media-media lainnya untuk berkomunikasi dengan orang lain mengenai hal-hal berkaitan dengan pendidikan.

14. Rumah Bagi Jutaan Aplikasi Dunia Pendidikan
Salah satu cara untuk mempermudah pemahaman kita terhadap materi pelajaran adalah dengan sebuah aplikasi. Saat ini banyak aplikasi-aplikasi materi pelajaran yang “dibungkus” dengan begitu menariknya dalam bentuk puzzle, quiz, game, ataupun yang lain-lainnya.

15. Internet Menyediakan Pendidikan Jarak Jauh
Manfaat internet lainnya yang bisa rasakan adalah kita bisa mendapatkan pendidikan jarak jauh. Saat ini ada banyak sekali lembaga-lembaga dalam atau luar negeri yang mengadakan pendidkan jarak jauh melalui cource-cource online baik yang gratis maupun tidak.

Nah itulah 15 manfaat internet untuk dunia pendidikan di Indonesia, kita harus bisa mengoptimalkan manfaat tersebut bagi kehidupan kita. Perlu disadari bahwa internet tidak hanya memberikan berjuta-juta manfaat saja melainkan juga bisa membawa dampak negatif bagi kita. Untuk itu perlu kesadaran bagi kita agar dapat meminimalisir dampak negatifnya.

Sumber : 
http://www.invonesia.com/manfaat-internet.html
https://www.camsh.com/internet/manfaat-internet-bagi-pelajar-pendidikan-dan-masyarakat.html
http://www.sekolahku.xyz/2013/11/manfaat-internet-bagi-dunia-pendidikan.html
Publisher : Musriyah@psg

MGunaji

Terimakasih atas kunjungan anda karena telah sudi membaca artikel Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan Indonesia. Silahkan meninggalkan komentar, berupa kritik dan saran pada kotak Komentar di bawah. Jika memang bermanfaat, anda boleh menyebarluaskan atau meng-copy artikel Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan Indonesia ini, dan jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih. :-)

Follow Us :

0 Response to "Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan Indonesia"

Posting Komentar